Tuesday, 29 March 2016

3 Cara Jitu Agar Booting Windows 7 Lebih Cepat

Win & Booting

Menunggu merupakan Kegiatan yang sering membuat kita kesal, apalagi menunggu seseorang.. huehehehehe...
Salah satu yang sering bikin saya kesal adalah ketika saya hendak mengerjakan sesuatu menggunakan komputer, nungguin yang namanya proses booting windows yang cukup lama adalah hal yang menjengkelkan. Jika ada diantara Anda yang mengalami hal sama seperti saya, kita lakukan 3 Cara Jitu Agar Booting Windows 7 Lebih Cepat. Jadi jangan khawatir Anda akan menunggu lama lagi ketika komputer baru dinyalakan.

Cepat atau tidaknya proses booting, untuk keseluruhannya dipengaruhi kinerja CPU. Bila Anda tidak ingin menghabiskan waktu cukup lama saat booting windows 7, Anda bisa mengupgrade hardware komputer Anda seperti RAM, Processor maupun Motherboard. Akan tetapi itu memerlukan dana yang tidak sedikit, disini Anda bisa melakukan trik di setting operasi windows 7. Silahkan simak Trik Agar Booting Windows 7 Lebih Cepat berikut.

Mengatur Program & Service Ketika Startup

Ini cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara mengatur program program Anda yang otomatis berjalan ketika komputer di nyalakan. Lakukan tahapan-tahapannya secara teliti.

Pertama buka sistem configurasi, agar lebih mudah gunakan fasilitas pencarian. Klik Start/Windows dan tuliskan "msconfig" lalu enter seperti gambar

start menu

Kotak dialog sistem configurasi akan muncul setelahnya, pilih tab "startup" kemudian Anda pilih program yang tidak diperlukan saat komputer baru dinyalakan dengan mengilangkan tanda ceklis.

System Configuration

Perhatian
# Jangan Menghilangkan Ceklis pada startup yang berlebel brand komputer (Asus, Lenovo, Acer, HP, dll).
# Jangan Menghilangkan Ceklis pada startup yang berlebel Microsoft Corporation.
# Jangan Menghilangkan pada startup yang berlebel atau merk Prosessor (Intel maupun AMD).
# Jangan Menghilangkan Ceklis pada startup yang berlebel Driver (Sound Card, VGA Card, Synaptics Pointer, dll)

Jika Anda telah memilih program yang dihilangkan ceklisnya, selanjutnya klik "Apply" atau "Ok". Kemudian akan muncul pop up yang menyatakan komputer Anda Harus direstart, pilih "Restart" saja agar lebih maksimal.

Restart

Mengaktifkan Lebih Dari Satu Processor

Untuk trik yang ini hanya berlaku untuk jenis processor lebih dari 1 core , jadi pastikan processor Anda bukan type Single Core. Caranya mirip dengan trik yang pertama, ikuti langkah langkahhnya dengan teliti.

Pertama masuk kembali ke Sistem Configurasi, Caranya seperti langkah pertama trik diatas.
Kemudian Anda pilih tab "Boot", lalu Ceklis pada menu "No GUI Boot". Selanjutnya pilih "Advance Options...",

Configuration Boot

Kotak dialog akan muncul kira kira seperti gambar dibawah, Ceklis pada menu "Number of Processor" dan disini Anda tentukan berapa processor yang akan Anda gunakan saat booting, Saya sarankan 2 saja.

Number Processor

Seperti biasa langkah terakhir pilih Apply atau Ok. Restart kembali komputer Anda dan rasakan kecepatannya... wuuuusss.. hehe..

Saya kira cukup untuk trik 3 Cara Jitu Agar Booting Windows 7 Lebih Cepat kali ini.. semoga bisa bermanfaat dan jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk berkomentar.
Salam