Wednesday, 23 March 2016

Cara Mengaktifkan(Merubah HTTP) HTTPS Pada Blogger / Blogspot

https vs http

Cara Mengaktifkan (Merubah HTTP) HTTPS Pada Blogger / Blogspot atau Cara Merubah HTTP Menjadi HTTPS Untuk Blogger / Blogspot sebetulnya sangat mudah sekali anda praktekan, namun apakah anda sudah tau Apa Itu http dan https? Apa Bedanya http dan https? Bagaimana Cara Kerjanya? dan Apa keuntungannya?

Pengertian http dan https

Hypertext Transper Protocol
atau yang kita kenal senagai http adalah protokol jaringan lapisan aplikasi, digunakan untuk system jaringan informasi ter distribusi, dan menggunakan hypermedia. Penggunaannya banyak pd pengambilan sumber daya yang saling ter hubung dengan tautan yang di sebut document hypertext yg kemudian membentuk world wide web pada tahun 1990 oleh Tim Berners Lee seorang fisikawan yang berasal dari inggris. Http merupakn protokol yang menyediakan perintah dlam komunikasi antar jaringan, yakni komunikasi jaringan antara klien dengan server web. Didalam komunikasi ini, komputer (klien) melakukan permintaan dengn mengetikan alamat website yang akan diakses. Sedangkan server web mengolah permintaan dari komputer klien tersebut berdasar kan kode protokol yang di input.
Http juga disebut sebagai protokol stateless karena setiap perintah perintah yang ada di olah secara independen tanpa pengetahuan perintah yang akan datang sebelumnya. Ini adalah alasan yang paling utama yang sulit menerapkan situs webs yang bereaksi secara cerdas untuk input pengguna.

Sebuah sesi http adalah urutan transaksi permintaan dan respon jaringan dengan menggunakan protokol HTTP. Sebuah klien http akan memulai sebuah permintaan, klien tersebut akan membuka sebuah koneksi Transmission Control Protocol (TCP) ke sebuah Port tertentu yang ada pada sebuah Host (umumnya port 80 atau 8080). Server yang mendengarkan pd port 80 akan menunggu pesan permintaan klien. Disaat menerima permintaan, server akan mengirim kembali baris status. Seperti "HTTP/1.1. 200 OK", pesan yang hendak diminta, Pesan kesalahan atau pesan informasi lainnya.

Hypertext Transper Protocol Secure
yang biasa kita sebut https ini mempunyai pengertian yang sama dengan http. Hanya https memiliki kelebihan fungsi dibidang ke amanan (secure). Https ini ditemukan oleh Netscape Communication Corporation. Https menggunaka Scure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) sebagai sublayer dibawah http aplikasi layer yang biasa. Http di enkripsi dan deskripsi dari halaman yang diminta oleh pengguna dan dari halaman yang di kembalikan oleh server web. Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavresdroppers, dan man in midle atacks.

Pada umumnya port yag digunakan https adalah port 443. Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web, perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual. Karena itu halaman web digunakan https, dan Url yang digunakan dimulai dengan kode "https://".
Https dapat menjamin keamanan dalam Autentikasi server yang memungkinkan peramban dan pengguna memiliki kepercayaan bahwa mereka sedang berbicara kepada server aplikasi sesungguhnya. Https juga mampu menjaga kerahasian data dan integritas data.

Perbedaan Utama HTTP dan HTTPS

Perbedaan utama pada http dan https yang pertama adalah penggunaan port default, http menggunakan port 80 dan 8080 untuk port default nya sedangkan https menggunakan port 443. Yang kedua yaitu https bekerja dengan transmisi interaksi normal http  menggunakan sistem enkripsi, sehingga didalam teori, informasi tidak dapat di akses oleh pihak lain selain klien dan server akhir. Lapisan enkripsi umum terdapat dua jenis, Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL), yang keduanya menyandikan data yang diperlukan.

Bagaimana Cara Kerjanya ?

Https bukan protokol yang terpisah, akan tetapi mengacu pada kombinasi interaksi http normal melalui Layer terenkripsi SSL (Secure) atau Transport Layer Security (TLS) mekanisme transportasi. Hal ini menjamin perlindungan yang wajar dari penyadap dan serangan (asalkan di jalakan dengan benar dan otoritas sertifikasi tingkat atas melakukan pekerjaan mereka dengan baik).

Port default TCP https : Url adalah 443 (untuk http tidak atau tanpa jaminan, dan defaultnya adalah 80). Untuk mempersiapkan web server untuk koneksi https penerima harus sebagai administrator dan membuat sertifikat kunci publik untuk server web. Sertifikat ini bisa dibuat untuk server yang berbasis Linux dengan alat seperti Open SSL atau Gensslcert SuSE. Sertifikat ini harus ditanda tangani oleh otoritas sertifikat satu bentuk atau lain, yang menyatakan bahwa pemegang sertifikat adalah siapa yang mereka ajukan. Web browser pada umumnya didistribusikan dengan penandatanganan sertifikat otoritas sertifikat utama, sehingga mereka dapat memverifikasi sertifikat yang ditanda tangani oleh mereka.

Jika menggunakan koneksi https, server merespon koneksi awal dengan menawarkan daftar metode enkripsi mendukung. Sebagai tanggapan, klien memilih metode sambungan, serta klien dan sertifikat server pertukaran untuk otentikasi identitas mereka. Setelah ini dilakukan, kedua belah pihak bertukar informasi terenkripsi setelah memastikan bahwa keduanya menggunakan tombol yang sama dan koneksi tertutup. Untuk host koneksi https, server harus memiliki sertifikat kunci publik, yang embeds informasi kunci dengan verifikssi identitas pemilik kunci itu. Sertifikat kebanyakan diverifikasi oleh pihak ke 3 sehingga klien yakin bahwa kuncinya adalah aman.

Keuntungan menggunakan https

Untuk mengamankan komunikasi antar browser dengan web server. Bagaimana bisa? Begini ilustrasinya : Ketika anda mengakses web server yang menggunakan protokol https, halaman yang di kirimkan kpd anda telah di enkripsi terlebih dahulu oleh protokol ini. Dan semua informasi yang anda kirimkan ke server (registrasi, identitss, nomor pin atau password trasfer pembayaran) akan di enkripsi juga sehingga tidak ada yang bisa mencuri data data anda disaat proses transaksi sedang berjalan.Sehingga transaksi data anda menjadi lebih aman. Protokol https biasanya ditemukan di situs situs perbankan, ecommerce, form registrasi, dan lainya. Kerena di area bisnis inilah yang rentan sekali terjadi eavesdropping oleh pihak ketiga.
Untuk itulah anda membutuhkan sertifikat SSL.
sumber: http://ilmukomputer.org

Bagai mana? Masih ingin merubah http menjadi https pada blog Anda ? Silahkan ikuti step stepnya untuk melanjutkan.

Mengaktifkan fitur https pada brogger/blogspot

1. Masuk pada akun blogger anda
2. Pada menu silahkan pilih menu setelan (setting) dan kemudian pilih menu Dasar (Basic)
3. Pada Label Stelan HTTPS (ketersediaan HTTPS) : Pilih ya. Seperti pada gambar.

Mengaktifkan https


4. Terakhir Simpan Setelan dan selesai.

Mudah sangat ya?hehe
Untuk memaksimalkannya silahkan anda baca artikel saya selanjutnya Optimasi Penggunaan Fitur HTTPS di blogspot ...
Sekian saja sharing saya kali ini, semoga bisa menambah wawasan Anda didunia internet..